Kelompok Tani Sidadadi 2 Grugu Harapkan Bantuan Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap untuk Program Mina Padi

INDONESIASATU.CO.ID:

CILACAP - Kelompok Tani Sidadadi 2 Grugu melalui Ketua kelompok menyampaikan kepada Dinas Perikanan kabupaten Cilacap permohonan bantuan bibit ikan sebagai bentuk program Mina padi olah fungsi lahan dua musim, sesuai  kondisi lahan pertanian yang ada di Desa Grugu. 

Ketika debit air di persawahan mengalami peningkatan ( besar ) maka para petani tidak bisa menanam padi karena adanya faktor kedalaman sehingga tidak memungkinkan lahan tersebut dapat di tanami Padi.

Gagasan timbul bagaimana cara agar lahan pertanian di Desa Grugu khususnya dalam kondisi apapun dapat difungsikan sebagai lahan yang dapat menghasilkan, yakni ketika  air di persawahan mengalami surut ( kecil ) difungsikan sebagai lahan pertanian, namun ketika air mengalami ketinggian ( besar ) dapat digunakan sebagai lahan untuk memelihara ikan.

Pujo waluyo (48 th) ketua kelompok Tani Sidadadi 2 Grugu terdiri dari Sekretaris, Katijo, Bendahara,  Mad sodikin, mengatakan inovasi tersebut timbul ketika menyaksikan kondisi persawahan yang penuh dengan air yang tak mungkin dalam kondisi seperti itu dapat  ditanami padi, namun alangkah bagus justru jika malah untuk memelihara ikan.

Kelompok Tani Sidadadi 2 Grugu pernah mendapat bantuan, Bibit ikan Nila, Pemberian dari Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap sebanyak 95.000 bibit ikan, Namun pasca banjir yang melanda bibit ikan yang sudah ditabur raib terbawa banjir hanya tersisa sebagian saja.

Pujo berharap Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap agar kembali memberikan bantuan bibit ikan supaya para petani kembali secepatnya dapat mengelola dengan cara alih fungsi yakni memelihara ikan.

Kelompok tani sidadadi 2 Grugu mempunyai sub kelompok di bidang perikanan yakni Mina Sidadadi yang diketuai Parimin.

Pada Musrenbangdes 2018 program Mina Padi juga dimasukan yakni pengajuan bibit ikan Nila kepada Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap sebanyak 500.000 bibit.

Lebih lanjut Pujo menyampaikan atas dasar insiatif  untuk memotivasi  para petani agar tidak patah semangat dengan kondisi lahan pertanian yang ada di Desanya, Maka dengan  program Mina padi didapat solusi  permasalahan  melalui olah fungsi lahan dua musim yakni pertanian dan perikanan. (Tunjang)

Index Berita