Revitalisasi Pasar Desa Grugu - Cilacap akibat Gempa 2017 Dilakukan

WARTAJATENG.COM: CILACAP

Gempa Yang terjadi pada Desember 2017 telah merobohkan rumah Warga serta fasilitas Pasar Desa Grugu yang menimbulkan pedagang Pasar mengeluhkan dengan adanya kejadian tersebut dikarenakan para pedagang telah kehilangan tempat mereka untuk berjualan, Pasca Gempa yang terjadi telah meluluh lantakan Pasar Desa Grugu yang hanya menyisakan puing reruntuhan bangunan.

Pasar Desa Grugu, Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap kembali dibangun, Revitalisasi Pasar dilakukan agar roda perekonomian dapat berjalan kembali dengan baik dengan ditunjang adanya fasilitas pasar yang memadai sehingga Pedagang merasa nyaman dalam melakukan kegiatannya.

Dengan sistem konstruksi baja ringan Sebanyak 2 Los Pasar Desa Grugu dikerjakan dengan masing-masing los berisikan 24 Lapak sehingga dapat menampung 48 Pedagang dengan ukuran masing-masing lapak yakni 3 x 2 M. Serta ada bangunan tambahan yang berbentuk Emperan yang dapat menampung pedagang sebanyak 38 Pedagang dengan ukuran masing-masing 1.250 x 2 M.

Maryono Selaku kepala Pasar berharap dengan adanya pembangunan Pasar yang saat ini sedang dilakukan, Nantinya Pasar desa Grugu akan bertambah ramai karena lokasi buat para pedagang juga bertambah, harapan kedepan nasib para pedagang akan lebih baik lagi dan sejahtera.

Ketika Awak Media menemui Karmidi selaku Ketua BUMDES Slasa 20/03/2018, mengatakan bahwa Anggaran dalam rangka revitalisasi adalah murni bersumber dari anggaran Desa yang ditopang oleh swadaya Para Pedagang. Disinggung masalah bantuan dari pihak BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah )Kabupaten Cilacap, Karmidi mengatakan bahwa sampai saat ini Pihak Desa belum tersentuh bantuan apapun dari pihak BPBD yang terkait dengan adanya revitalisasi Pasar.

"Apakah memang belum, ataukah sama sekali tidak ada bantuan itupun nantinya saya tidak tahu". Karmidi berharap setidaknya pihak BPBD lebih tanggap dengan setiap kejadian musibah yang ditimbulkan oleh bencana agar selanjutnya ditindak lanjuti melalui penerapan sebuah kewajiban yang sudah menjadi keharusan. ( Tunjang.D ).

Index Berita