Sosialisasi dan Pengurusan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) Skala Kecil oleh Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap.

tunjang, 13 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

CILACAP

Bentengindonesia. Untuk mensosialisasikan dalam upaya memberi pemahaman serta meningkatkan pelayanan dokumen Kapal nelayan, Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap adakan pertemuan bersama nelayan.

Bertempat di Pendopo desa Babakan Kecamatan Kawunganten-Cilacap acara tersebut digelar, Kamis (12/03).

Pertemuan dalam rangka Sosialisasi diikuti kurang lebih 50 orang nelayan pemilik kapal dari masing-masing wilayah desa yakni desa Babakan, Ujungmanik serta Nelayan desa Grugu.

Pada kesempatan Sosialisasi, Amperanto selaku kepala Bidang Pelabuhan Perikanan sekaligus narasumber dari Pelabuhan perikanan Pantai Logending-Kebumen, Menyampaikan beberapa materi yang dibutuhkan dalam hal persyaratan dan prosedur surat ukur kapal dan pas kecil.

Amperanto menekankan pentingnya dokumen untuk kapal perikanan yang harus diadakan ketika kapal bersandar di pelabuhan ataupun saat berlayar.

Sementara itu Kabid Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap, Subandiyono menegaskan, pentingnya kerjasama antar instansi.

Lebih pentingnya lagi kapal perikanan untuk nelayan khususnya harus memiliki identitas resmi dan mengantongi perijinan. prosedur pengurusan surat ijin usaha perikanan, surat ijin penangkapan ikan, Prosedur penegakan hukum dilaut dan persyaratan keselamatan pelayaran.

Dokumen perijinan kapal perikanan merupakan salah satu syarat utama untuk dimiliki kemudian surat ukur kapal, bukti kepemilikan kapal (Gross akta) serta tanda kebangsaan kapal yang itu semua dikeluarkan oleh kementrian Perhubungan Republik Indonesia,"Tuturnya.

Lebih lanjut Subandiyono menyampaikan bahwa, Untuk Dinas Perikanan sendiri mengeluarkan ijin usaha dan ijin penangkapan ikan bagi nelayan.

Untuk kapal nelayan tangkap skala kecil atau 5 GT didaftarkan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap dan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP).

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang kepengurusan dokumen kapal sebagai syarat penting yang dimiliki oleh nelayan pemilik kapal perikanan.

Dengan sosialisasi ini diharapkan semua nelayan agar segera melakukan kepengurusan guna mengurus dokumen kapal perikanan yang dibutuhkan,"Tandasnya.

(#Tun/red).

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu